Pelayanan Jasa

Melayani pembuatan dinding artistik yang elegan.

INFO PPDB 2020

Halaman Depan SMK Negeri 1 Purwokerto

SMK Negeri 1 Berbagi

Bantuan Pencegahan Virus Corona dr SMK N 1 Purwokerto

Keluarga Besar SMKN 1 Purwokerto

Rekreasi ke Malang bersama keluarga

RW 06 Teluk, Purwokerto

Foto bersama sebelum lomba tingkat Kelurahan

Rabu, 17 Juni 2020

Karya Ilmiah || Kelas XI Semester 4


KRITIK DAN ESAI KELAS XII SEMESTER 6

Senin, 15 Juni 2020

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI GANJIL

Berikut merupakan Silabus Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi kelas XI Semester Ganjil
Anda bisa DOUWLOAD


SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI GENAP

Berikut merupakan Silabus Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi Kelas XI Semester Genap 
Anda bisa DOUWLOAD



SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS X GANJIL

Berikut merupakan Silabus Bahasa Indonesia Kelas X Semester Ganjil Kurikulum 2013 Revisi , Anda bisa DOUWLOAD


Minggu, 14 Juni 2020

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS X GENAP

Berikut Silabus Bahasa Indonesia Kelas X Semester Genap Kurikulum 2013 Revisi DOUWLOAD


SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII GANJIL

Berikut Silaus Bahasa Indonesia Kelas XII semester Ganjil DOUWLOAD



SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII GENAP

Berikut silabus Bahasa Indonesia Kelas XII Semester Genap DOUWLOAD



RPP Selembar Bahasa Indonesia Kelas X

Berikut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Selembar  (RPP) Bahasa Indonesia Kelas X semester genap dan ganjil/ setahun silakan  DOUWLOAD



Sabtu, 13 Juni 2020

RPP Bahasa Indonesia Selembar Kelas XI

Berikut RPP Bahasa Indonesia Selembar kelas XI selama dua semester (ganjil dan genap)DOUWLOAD



RPP Bahasa Indonesia Selembar Kelas XII

Berikut berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Selembar Mata Pelajara  Bahasa Indonesia Kelas XII Semester Ganjil dan Genap. DOUWLOAD

Sabtu, 06 Juni 2020

Hasil Pelatihan PAS

Anak-anak, berikut merupakan hasil pekerjaan  kalian dalam berlatih soal PAS.

Jumat, 05 Juni 2020

SOAL LATIHAN PAS

Sebelum kalian mengikuti PAS, maka silakan mengerjakan soal pelatihan di bawah ini dengan saksama! Perhatikan penulisan Token harus sesuai dengan yang sudah diberikan di grup WA!

Keterangan

Pengertian Kata Keterangan Bahasa Indonesia (Abdul Chaer, 1994 : 202)  disebut juga adverbia. Kata keterangan adalah kata – kata yang digunakan untuk memberi penjelasan pada kata – kata kalimat lain yang sifatnya tidak menerangkan keadaan atau sifat.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Kata keterangan adalah kata yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif atau kalimat, misalnya sangat, lebih, tidak.
Keterangan ada dua:
  1. Keterangan kata/frase
  2. keterangan kalimat
Keterangan kata dan kalimat


Info PPDP SMK N 1 Purwokerto

PPDB Online

Berikut ini informasi sementara terkait dengan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020. Silahkan bagi calon Peserta Didik Baru, bisa memantau informasi – informasi terbaru terkait dengan PPDB Tahun 2020 di website SMKN 1 Purwokerto.

Rumah menjadi CANTIK




Tempat duduk ini  hand made, tidak ada yang menyamai baik desain maupun warnanya,  cocok untuk ditempatkan di teras rumah.
Simpel, elegan, manis, dan kuat.

Kamis, 04 Juni 2020

Konjungsi


Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubung adalah kata-kata yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, atau kalimat dengan kalimat (Chaer, 2000:140). Dari pengertian tersebut, maka kata penghubung sangatlah diperlukan untuk memperjelas kalimat, karena kata penghubung merupakan rambu-rambu bahasa tulis yang berpengaruh dalam pembuatan kalimat atau karangan. Suatu karangan deskripsi akan sulit dimengerti jika dalam karangan deskripsi tidak dibubuhi kata penghubung.

Guru harus KREATIF

Guru merupakah salah satu jenis profesi yang akhir-akhir ini diminati oleh masyarakat. Salah satu indikator yang bisa dilihat adalah dengan naiknya jumlah pendaftar Perguruan Tingggi ke jurusan Keguruan. Animo masuk D3 dan S1 UNY Tahun 2018 sebanyak 171722 (sumber: www.renesia.com/animo-pendaftar-uny). Guru sebagai sebuah profesi mempunyai wadah yang bernama IGI (Ikatan Guru Indonesia) ada juga PGRI (Persatuan Guru Republik Idonesia) atau mungkin ada yang lain.

Pada masa pandemi ini guru dituntut untuk lebih berkreasi dalam melaksanakan pembelajaran. Situasi pandemi situasi yang kurang/ tidak menentu. Siuasi yang tidak menentu ini sangat bertentangan dengan kodrat manusia umumnya.


Laurie Santos, profesor psikologi di Universitas Yale mengatakan bahwa manusia adalah makhluk dengan kebiasaan, jadi memiliki jadwal teratur untuk kapan kita bekerja dan ketika kita melakukan liburan dapat membantu kita mengurangi ketidakpastian, terutama dalam waktu yang sudah tidak pasti ini.
Manusia adalah makhluk dengan kebiasaan, maka memiliki jadwal tetap kapan kita bekerja dan kapan kita memiliki waktu luang bisa membantu kita mengurangi ketidakpastian, terutama di saat sekarang yang penuh dengan ketidakpastian."

Di kala normal, jadwal tetap mendikte kita melalui kekuatan eksternal: jadwal sekolah, waktu keberangkatan KRL, jam rapat, dan janji pertemuan. Tanpanya, orang-orang di seluruh dunia harus menciptakan dengan kreativitasnya sendiri untuk memisahkan waktu senggang di tengah jam-jam biasa

Situasi pandemi covid 19 di Indonesia mengharuskan kita bekerja dan belajar dari rumah. Untung saja teknologi sudah hadir dengan segala kecanggihannya. Teknologi yang bisa menolong dan menghubungkan rumah dengan sekolah, pekerjaan, kegiatan, komunitas, bahkan ritual keagamaan dan kegiatan keagamaan juga memanfatkan teknologi.

Tak terbayangkan sebelumnya situasi kita saat ini, di mana kita semua terjebak bekerja di rumah, tidak dapat menghabiskan waktu dengan teman, orang yang dicintai atau rekan kerja. Di sisi lain, kita harus menyeimbangkan tuntutan pekerjaan, keluarga, dan sekolah secara bersamaan di tengah pandemi.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai guru dalam menyampaikan pengajaran kepada para peserta didik. Guru dituntut menguasai teknologi yang nantinya bisa dipakai sebagai alat atau jembatan dalam berhubungan dengan anak didiknya. Di sini Satu Guru Satu Blog memiliki peran yang sangat penting. Satu Guru Satu Blog merupakan salah satu cara brilian dalam melaksanakan pembelajaran. Banyak pelatihan online yang bisa diikuti oleh guru salah satunya yang diselenggarakan oleh IGI , Ikatan Guru Indonesia.

Blog merupakan media menghubung yang bisa digunakan oleh guru tidak hanya dalam menyampaikan materi pembelajaran, tetapi juga berbagi ilmu dan perangkat pembelajaran kepada guru yang lain, se-Indonesia, bahkan sedunia, tanpa batas. Kegiatan Satu Guru Satu Blog merupakan kegiatan yang wajib digalakkan oleh semua sekolah agar semua pembelajaran yang dilaksanakan efektif dan efisien.

Pembelajaran dengan Satu Guru Satu Blog akan efektif karena semua hal yang akan disampaikan oleh guru dapat diunggah pada Blog masing-masing. Semua terdokumen dan bisa diedit menyesuaiakn dengan kebutuhan. Pembelajaran akan efisien karena guru tidak perlu lagi menyiapkan semua hal setiap kali akan melaksanakan pembelajaran. Semua sudah ada dan tersedia pada Blog masing-masing. Guru juga bisa menautkan Blognya dengan Blog guru lain dalam satu mata pelajaran atau antarmata pelajaran.

Rabu, 03 Juni 2020

Scaning dan skiminng

Scanning dan skimming

Membaca scanning dan skimming. Kali ini saya akan share tentang membaca scanning dan skimming . Seperti yang kita ketahui bahwa membaca adalah aktivitas yang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Jenis bacaan yang Anda bacapun pasti berbeda-beda sesuai dengan lingkungan Anda, seperti jenis bacaan di lingkungan mahasiswa pasti akan berbeda dengan jenis bacaan orang kantoran atau ibu rumah tangga. Hal ini menuntut Anda selaku pembaca untuk menggunakan trik-trik tertentu dalam mengambil informasai pada setiap jenis bacaan yang dibutuhkan. 

Selasa, 02 Juni 2020

Hasil UH Teks Drama

Anak-anak beriut hasil Ulangan Harian yang telah kalian kerjakan:


REMIDI UH Teks Drama

Kerjakan soal berikut dengan saksama !

UH Teks Drama

Setelah kalian mempelajari materi terakhir Teks Drama, kalian akan mengerjakan soal Ulangan Harian materi teks Drama.
Berikut soal yangharus kalian kerjakan!
  1. Berdoalah sebelum mengerjakan!
  2. Kerjakan dengan jujur!
  3. Bacalah dengan teliti!

Tanda Baca

Penggunaan Tanda Baca Menurut Ejaan yang Disempurnakan (EYD) – Dalam menulis tanda baca merupakan salah satu elemen yang wajib kita perhatikan. Tanda baca berkaitan erat dengan suara (fonem). Hal ini dikarenakan tanda baca memengaruhi intonasi ketika membaca suatu tulisan dan intonasi sangat memengaruhi intepretasi suatu kalimat.

Ulangan Harian Teks Resensi


Kerjakan soal teks Resensi di bawah ini

Teks Resensi


TEKS RESENSI

PENGERTIAN

Resensi berasal dari bahasa Belanda resentie dan bahasa Latin recensio, recensere, revidere yang berarti mengulas kembali atau melihat kembali.

Dalam KBBI, resensi mempunyai arti pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau disebut ulasan buku. Ini memang benar mengingat lebih banyak resensi tentang buku dibanding karya lain.

Menurut Aina Prihantini, S.Hum. Resensi adalah tulisan mengenai pandangan perisensi terhadap buku yang dibuat dengan tujuan untuk mengulas, menilai, menganalisis, mengkritisi, ataupun mengapresiasi sebuah buku secara keseluruhan.

RPP Kelas XI Topik Karya Ilmiah


RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI



Berikut Perangkat RPP  Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 3 dengan Topik Karya Ilmiah atau  bisa DOUWLOAD

Silabus Bahasa Indonesia Kelas XI Semester Genap


Berikut Silabus Bahasa Indonesia Kelas XI Semester Genap  Kurikulum 2013 Revisi DOUWLOAD


Silabus Bahasa Indonesia Kelas XI Semester Ganjil


Berikut Silabus Bahasa  Indonesia kelas XI Semester Ganjil  Kurikulum 2013 Revisi DOUWLOAD